Cara Mudah Mempercepat Loading Blog | Info Bisnis Online
Latest Updates

Cara Mudah Mempercepat Loading Blog

Cara Mudah Mempercepat Loading Blog - Loading Blog adalah hal yang sangat perlu untuk diperhatikan. Karena memang kecepatan blog anda akan sangat mempengaruhi pengunjung blog anda yang datang. Mereka tentu akan memilih blog yang mempunyai proses load yang cepat. Jika blog anda membutuhkan waktu yang lama hanya untuk meload semua halaman, maka secara otomati Bounce Rate blog anda akan meningkat dan tentunya mempengaruhi posisi SERP blog anda dihasil pencarian.

Pengunjung adalah Raja, yang harus kita perlakukan istimewa. Jangan sampai pengunjung blog anda kabur dan meninggalkan blog anda padahal mereka belum sempat melihat isi postingan karena loading yang sangat lama. Selain itu google sangat menganjurkan untuk melakukan optimasi dan membuat seminimal mungkin tampilan tanpa merusak tampilan itu sendiri.

Maksud template yang minimal adalah template yang mempunyai loading yang sangat cepat disamping memperhatikan tampilanya. Dengan begini pengunjung anda akan merasa senang karena loading blog yang cepat dan tampilan blog yang profesional.

Berikut saya akan sedikit memberikan beberapa cara untuk mempercepat blog anda. Dengan begini saya berharap blog anda menjadi lebih cepat dan meminimalisir terjadinya Bounce Rate. Tapi sebelum menuju kepembahasan, saya akan sedikit menjelaskan apa itu Bounce Rate.

Bounce Rate adalah penilaian secara presentase pengunjung blog yang datang dan langsung meninggalkan halaman tersebut karena beberapa sebab, yaitu loading blog yang sangat lama. Dengan begitu rangking blog anda secara otomatis akan menurun.

Baiklah langsung saja, berikut adalah Cara Mudah Mempercepat Loading Blog.

Mempercepat Loading Blog Dengan Meng-Compress CSS Blog

Hal pertama yang mudah anda lakukan dengan cara melakukan compress css template blog anda. Kenapa harus CSS yang dicompress? Karena pada CSS inilah sumber dari load tampilan blog secara keseluruhan. Dengan melakukan compress, CSS anda akan semakin minimal dan hal tersebut akan mempengaruhi kecepatan blog anda. Berikut adalah Web Compress yang dapat anda pilih :
  1. http://www.csscompressor.com
  2. http://cssoptimiser.com
  3. http://imabblog.com/cssoptimizer/compress.html
  4. http://tools.arantius.com/css-compressor
  5. http://www.cssdrive.com/index.php/main/csscompressor
Untuk melakukan Compress, silahkan copy/salin semua kode antara kode <b:skin><![CDATA[ sampai dengan kode ]]></b:skin> dan pastekan di salah satu web compress diatas.

Mempercepat Loading Blog Dengan Memperkecil Ukuran Gambar Blog

Usahakan untuk memperkecil ukuran gambar yang anda unggah diblog anda. Karena gambar sangat berpengaruh dari proses loading blog anda. Jangan lupa untuk memberikan Tag dan Deskripsi pada gambar yang anda unggah agar gambar menjadi lebih seo friendly.

Mempercepat Loading Blog Dengan Mengurangi Penempatan Iklan Dan Widget Tidak Penting

Hal ini sering terjadi pada blog baru seperti blog ini. Pada awalnya, blog ini sering saya pasang widgets-widgets yang banyak walaupun tidak berguna dan juga memasang iklan yang bertebaran disana kemari. Dan hal tersebut akhirnya saya sadari bahwa akan melambatkan proses load blog. Jadi, saya kurangi pemasangan iklan dan widgets yang tidak berguna dan alhamdulilah blog saya menjadi sedikit lebih cepat dibandingkan sebelumnya.

Mempercepat Loading Blog Dengan Tidak Mengunggah Gambar Yang Sama

Langkah mudah selanjutnya adalah dengan cara tidak mengunggah gambar yang sama secara berulang-ulang. Gunakan gambar yang sudah diupload sebelumnya dibandingkan harus menambah gambar lagi walaupun dengan gambar yang sama. Hal ini akan berdampak buruk pada loading blog anda karena mempunyai request http yang lebih banyak.

Mempercepat Loading Blog Dengan Meletakkan Script Diakhir Template

Hal selanjutnya adalah dengan cara meletakkan script yang dirasa memberatkan blog diakhir editor template anda. Dengan begini script yang anda taruh diakhir template akan diload dan dibaca setelah semua tampilan  blog sudah muncul. Namun sayangnya tidak semua script blog dapat diletakkan diakhir editor template.

Mempercepat Loading Blog Dengan Menghilangkan White Space

White Space yang dimaksud adalah space yang terlalu banyak didalam template anda. Silahkan untuk mengurangi space yang berlebihan tersebut, karena browser anda akan lama jika harus meload blog dengan space template yang terlalu banyak.
Berikut contoh template yang mempunyai White Space yang terlalu banyak


Dan berikut adalah Contoh Template yang sudah tidak memiliki White Space


Itulah sedikit Cara Mudah Mempercepat Loading Blog. Silahkan untuk membaca postingan sebelumnya dari blog ini yaitu Cara Pasang Tombol Google+ Dengan Berbagai Ukuran.

0 Response to "Cara Mudah Mempercepat Loading Blog"

Post a Comment