Pedoman Rekruitment dan Seleksi Pendamping PKH Tahun 2014 | Info Bisnis Online
Latest Updates

Pedoman Rekruitment dan Seleksi Pendamping PKH Tahun 2014

Pedoman Rekruitment dan Seleksi Pendamping PKH
PKH KABUPATEN SUMEDANG - Pedoman Rekruitment dan Seleksi Pendamping PKH Tahun 2014 - Program Keluarga Harapan memasuki Tahun ke tujuh telah tersebar di 33 Provinsi dengan jangkauan peserta di tahun 2014 mencapai 3,2 juta RTSM. Seiring dengan perluasan jangkauan kepesertaan maka penyempurnaan layanan terus dilakukan melalui perbaikan di berbagai aspek baik proses program maupun peningkatan kualitas dan penyediaan Sumber Daya Manusia. Salah satu sumber daya manusia yang memiliki peran strategis dalam menggapai keberhasilan Program PKH adalah Pendamping dan Operator, keberadaannya menjadi jembatan antara pemberi dan penerima manfaat.
Rekrutmen dan seleksi pendamping dan Operator PKH tahun 2014 merupakan tindaklanjut dari ditetapkannya lokasi PKH pengembangan Kabupaten maupun Kecamatan. Di seluruh indonesia, dibutuhkan sebanyak 3,273 orang personil yang terdiri dari 3,134 Pendamping 99 orang Operator Kabupaten/Kota dan 40 orang Operator Provinsi untuk menggerakan proses Program PKH yang tersebar di 31 Provinsi 252 Kabupaten/Kota dan 1,454 Kecamatan.
Dengan demikian maka perlu adanya Pedoman Rekrutmen dan seleksi Pendamping tahun 2014 agar terlaksananya proses rekrutmen yang berjalan dengan baik dan benar sesuai dengan yang diharapkan, berikut ini adalah pedoman pelaksanaan Rekrutmen Pendamping dan Operaor PKH Tahun 2014:

JENIS SELEKSI
Seleksi bagi pendamping dan Operator PKH terdiri dari :
  1. Seleksi Administrasi
  2. Psikotes
  3. Tes Tertulis
  4. Ujian Praktek
  5. FGD
  6. Wawancara
Tahapan Seleksi terdiri dari :
  1. Tahap 1: Seleksi Administrasi
  2. Tahap 2: Psikotes dan Tes Tertulis dan atau Ujian Praktek (bagi Operator)
  3. Tahap 3: FGD/Wawancara
Tahapan diatas berlaku bagi peserta seleksi dengan jumlah diatas 10 (sepuluh) orang, apabila peserta kurang dari 10 orang maka peserta mengikuti tahap 2 dan 3, untuk kemudian dikeluarkan 1 (satu) pengumuman.
Tim Penguji :
Seleksi Administrasi
  • Secara Online : Tim dari Kementerian Sosial RI
  • Secara Offline : Pejabat yang ditunjuk di Dinas Sosial setempat
  • Ditunjuk dan ditugaskan oleh Direktur Jaminan Sosial
Psikotes
  • Sarjana Psikologi/Psikolog minimal 1 orang
  • Ditunjuk dan ditugaskan oleh Direktur Jaminan Sosial
  • Mengikuti pembekalan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jaminan Sosial
Tes Tertulis
  • Unsur dari Kementerian Sosial RI minimal 1 orang
  • Pendidikan minimal S1 atau Sederajat
  • Ditunjuk dan ditugaskan oleh Direktur Jaminan Sosial
  • Mengikuti pembekalan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jaminan Sosial

Ujian Praktek (Operator)
  • Unsur dari Kementerian Sosial RI minimal 1 orang
  • Pendidikan minimal S1 dan menguasai komputer
  • Ditunjuk dan ditugaskan oleh Direktur Jaminan Sosial
  • Mengikuti pembekalan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jaminan Sosial

PERSYARATAN :
Calon Pendamping :
  1. Warga Negara Indonesia
  2. Usia pada saat mendaftar maksimal 45 tahun
  3. Pendidikan minimal D3 atau sederajat dan diutamakan yang memiliki latar belakang Pendidikan Pekerjaan Sosial, Kesejahteraan Sosial dan rumpun ilmu lainnya, Psikologi, Bimbingan Konseling, Komunikasi, Pendidikan, Kesehatan, Kebidanan, Hukum, Ekonomi, Teknologi Informatika atau sejenisnya.
  4. Diutamakan memiliki pengalaman dalam penanganan dan pelayanan bidang kesejahteraan sosial.
  5. Mampu mengoperasikan open office minimal word, excel, dan power point serta internet.
  6. Diutamakan yang bertempat tinggal di wilayah kecamatan lokasi pelaksana PKH (sesuai KTP)
  7. Tidak menjadi anggota/pengurus/partisipan partai/anggota organisasi yang merupakan afiliasi dari partai politik.
  8. Bersedia bekerja purna waktu.
Calon Operator :
  1. Warga Negara Indonesia
  2. Usia pada saat mendaftar maksimal 45 tahun
  3. Pendidikan minimal D3 diutamakan yang memiliki latar belakang pendidikan dengan bidang studi: Teknologi Informatika, Komputer, Statistik.
  4. Diutamakan memiliki pengalaman di bidang informasi teknologi dan atau pelayanan kesejahteraan sosial.
  5. Mampu mengoperasikan open office minimal word, excel, power point dan internet.
  6. Bertempat tinggal di wilayah Provinsi/Kabupaten/Kota pelaksana PKH (Sesuai KTP)
  7. Tidak menjadi anggota/pengurus/partisipan partai/anggota organisasi yang merupakan afiliasi dari partai politik.
  8. Bersedia bekerja purna waktu.

PROSES PENDAFTARAN :
Pendaftaran dilakukan dengan dua cara sebagai berikut:
  • Pendaftaran secara online melalui situs web Kementerian Sosial bagi Kabupaten/Kota yang dinilai dapat melaksanakan proses pendaftaran secara online yang ditentukan oleh Kementerian Sosial dengan alamat http://rekrutmen.pkh.kemsos.go.id (Tata cara pendaftaran secara online sebagaimana terlampir).
  • Pendaftaran Secara Offline (secara manual)- Pelamar datang langsung dengan membawa Daftar Riwayat Hidup ke Dinas Sosial Kabupaten/Kota, yang dinilai tidak dapat melaksanakan proses pendaftaran secara online yang ditentukan oleh Kementerian Sosial. (tata cara pendaftaran secara offline sebagaimana terlampir)
  • Data pelamar/Daftar Riwayat Hidup pelamar yang harus tertuang dalam aplikasi online adalah sebagai berikut:
1. Data Pribadi, berisi :
(1) Nama Lengkap
(2) Nama Panggilan
(3) Nomor KTP
(4) Tempat Lahir
(5) Tanggal lahir
(6) Jenis Kelamin
(7) Agama
(8) Alamat (Jalan, RT, RW, Kelurahan/Desa, Kecamatan, Kabupaten/Kota dan Provinsi).
(9) Status Perkawinan
(10) Nomor Telephone rumah/HP
(11) Alamat email Pribadi
(12) Posisi yang dituju
(13) Tanggal Pengisian

2. Data Pendidikan Terakhir, berisi:
(1) Nama sekolah
(2) Jurusan/Program studi
(3) NEM/IPK
(4) Kota menyelesaikan pendidikan
(5) Tahun lulus

3. Sertifikasi/Pelatihan (yang relevan dengan posisi yang dilamar), berisi:
(1) Judul/Nama kegiatan
(2) Penyelenggara
(3) Tahun Pelaksanaan
(4) Kota/Negara

4. Penguasaan Komputer dan Bahasa, berisi (beri tanda "X" pada tingkat yang sesuai):
(1) Word
(2) Excell
(3) Power Point
(4) Penggunaan Internet
(5) Penggunaan E-mail
(6) Bahasa Daerah
(7) Bahasa Asing
- Tingkat Penguasaan
(a) Sangat menguasai atau sering menggunakan
(b) Tingkat Dasar atau jarang menggunakan
(c) Kurang/Tidak menguasai atau tidak pernah menggunakan

5. Pengalaman Kerja, terdiri dari:
(1) Saat ini
(2) Sebelumnya
(3) Nama Lembaga/Institusi
(4) Jenis Lembaga/Institusi
(5) Nama Jabatan
(6) Masa Kerja
(7) Ruang lingkup Tugas dan Tanggung Jawab
(8) Prestasi Kerja (tulis apa saja yang dihasilkan dalam 3 sampai dengan 5 tahun terakhir sesuai dengan ruang lingkup tugas dan tanggung jawab di atas)
(9) Total pendapatan bersih perbulan dan pertahun
(10) Alasan Berhenti

6. Riwayat Kesehatan, berisi:
(1) Jenis penyakit
(2) Tahun Perawatan
(3) Jangka waktu perawatan
(4) Riwayat Operasi (jenis tindakan operasi yang pernah dilakukan)
(5) Tahun operasi

7. Referensi (atasan sebelumnya), berisi:
(1) Nama atasan
(2) Nama Jabatan Atasan
(3) No Telepon/HP

8. Nama, Alamat dan nomor telepon yang dapat dihubungi dalam keadaan darurat:
(1) Nama
(2) Alamat
(3) No Telepon/HP
(4) Hubungan dengan peserta
    Ketentuan Pendaftaran yang dimuat dalam situs web/pengumuman ke Provinsi/Kabupaten :
    1. Seluruh data pribadi dan data riwayat hidup yang dituangkan di dalam situs web rekrutmen atau yang diserahkan langsung oleh pelamar adalah benar adanya dan dapat dipertanggungjawabkan yang didukung dengan Surat Pernyataan Bermaterai tentang kebenaran data dan informasi tersebut. Standarisasi Surat Pernyataan tentang kebenaran data tersebut (Terlampir).
    2. Pelamar memperkenankan pihak Panitia Rekrutmen dan Seleksi Program Keluarga Harapan Kemensos RI untuk melakukan penelusuran atas jawaban dan keterangan yang dituangkan dalam situs web atau yang diserahkan ke panitia Seleksi di atas dalam rangka pengambilan keputusan kelulusan seleksi di Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial RI.
    3. Apabila terdpat fakta yang tidak sesuai dengan isian Daftar Riwayat Hidup di atas, maka pelamar bersedia untuk menerima segala konsekuensinya mengacu kepada ketentuan yang ada, baik dalam proses seleksi maupun setelah bekerja di Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial RI.

    LAMPIRAN-LAMPIRAN:
     
    Pengumuman Bagi Pendaftaran Online
     
    Pengumuman Bagi Pendaftaran Offline
     
    Langkah-Langkah Pendaftaran Secara Online
     
    Surat Pernyataan Kebenaran Data
     
    Rekapitulasi Kebutuhan Operator PKH Tahun 2014
     
    Rekapitulasi Kebutuhan Pendamping PKH Tahun 2014
     
    Rekapitulasi Titik Rekrutmen dan Penentuan Pendaftaran Online/Offline

    Formasi Kuota Penerimaan Pendamping PKH Kab. Sumedang Tahun 2014

    PROSES PENDAFTARAN PENDAMPING DAN OPERATOR PKH TAHUN 2014:
    1. PENDAFTARAN ONLINE
    Dilakukan melalui Website Resmi "rekrutmen.pkh.kemsos.go.id"
    WARNING..!!
    • Hati-Hati dalam melakukan Proses Pendaftaran Online, Anda hanya bisa melakukan Pendaftaran 1 (Satu) Kali saja berdasarkan NIK KTP.
    • Siapkan data-data yang diperlukan untuk pendaftaran online sebelum mulai melakukan proses pendaftaran.
    • Jangan sampai keluar atau meninggalkan aplikasi Pendaftaran online sebelum semuanya terisi dengan benar, karena kesempatan untuk daftar hanya satu kali saja (Tidak bisa di edit lagi).
    • Lakukan pendaftaran secara cermat dan benar.
    PETUNJUK TEKNIS SILAHKAN KLIK DISINI
    2. PENDAFTARAN OFFLINE
    Hubungi Dinas Sosial Kabupaten/Kota untuk mengirimkan Pendaftaran/Lamaran.


    Informasi Lebih lanjut silahkan kunjungi website resmi PKH Kementerian Sosial RI

    Terima Kasih,

    Haris Permana, ST
    MIS PKH SUMEDANG

    0 Response to "Pedoman Rekruitment dan Seleksi Pendamping PKH Tahun 2014"

    Post a Comment