5 Fakta Menarik Perang Dunia Pertama 1 I | Info Bisnis Online
Latest Updates

5 Fakta Menarik Perang Dunia Pertama 1 I

Perang dunia pertama I yang berlangsung dari 1914-1918 merupakan salah satu perang terbesar dalam sejarah peradaban manusia yang tidak akan pernah dilupakan untuk selama-lamanya. Di dalamnya tersembunyi beragam fakta-fakta unik, bahkan aneh tapi menarik. Berikut tim panduan menarik telah menghimpun 5 fakta menarik tentang perang dunia pertama I.

1. Ratusan Juta Korban Berjatuhan
Terhitung dari kalangan prajurit 10 juta tewas dari beragam negara partisipan perang dunia pertama I, sedangkan 20 juta tercatat terluka. Tidak cukup sampai di sini, puluhan juta warga sipil juga tak berdosa tewas, baik karena serangan langsung, atau karena wabah penyakit. Seperti yang menimpa spanyol dengan wabah flu yang menelan lebih dari 40an juta orang. Bahkan yang selamat juga tetap menderita karena 10 juta orang selanjutnya mengungsi terlunta-lunta, dari 10 juta tersebut 60%nya anak yatim piatu. Tidak cukup sampai di sini, akibat banyak prajurit yang meninggal, 3 juta janda saat itu tercipta.

2. 3 Kekaisaran Hancur.
Sebelum perang dunia pertama, terdapat tiga kekaisaran besar di kawasan timur eropa. Namun justru karena perang dunia pertama I tiga kekaisaran tersebut luluh lantak. pertama, Kekaisaran Rusia dengan raja Tsar Nicholas II yang habis karena sebuah revolusi dan berujung pada terbentuknya negara besar baru Uni Soviet. Kedua, kekaisaran Austria-Hongaria yang menjadi pemicu perang akbar tersebut juga kemudian habis. Terakhir kekaisaran legendaris Ottoman yang hancur karena dikepung oleh kekuatan inggris, Australia, Selandia Baru, dan Perancis.

3. 2 Aliansi Besar.
Ketika perang tersebut terjadi, ada dua aliansi besar yang terdiri dari beberapa negara yang saling berhadap-hadapan. Pertama, aliansi Triple Entente atau sekutu. Aliansi ini terdiri dari Rusia, Perancis, dan Inggris. Kedua, Triple Alliance atau kekuatan sentral.Tergabung dalam kekuatan ini ini adalah Jerman, Austria-Hongaria, dan Italia. Adanya dua sekutu dengan komposisi negara-negara besar tersebut menjadikan perang ini kemudian disebut world war I. Terlebih negara seperti Jepang, Australiaa, Selandia baru, dan AS juga ikut serta. Hal ini menjadikan perang dunia sangat ramai.

4. Belum Jelas Penyebabnya
Banyak pakar yang masih memperdebatkan apa sebenarnya pemicu perang dunia pertama I. Meskipun demikian, yang paling mashur berkembang adalah balas dendam keisaran Austria-Hongaria kepada Serbia karena kematian putra mahkota pangeran (Archduke) Franz-Ferdinand dan Istrinya yang ditembak oleh seorang aktivis Serbia saat berkunjung ke Sarajevo. Namun demikian, siapa yang memutuskan untuk berperang secara besar-besaran masih belum terjawab hingga sekarang.

5. Lahirnya Negara Adidaya Amerika
Perang dunia pertama I sesungguhnya juga awal dari kelahiran sebuah negara adidaya yaitu Amerika Serikat. Alasannya, ketika itu Amerika memutuskan untuk berperang melawan Jerman pada hampir akhir masa perang dunia pertama I 1917. Sebelumnya mereka sudah memutuskan hubungan diplomatik dengan Berlin setelah Jerman menyerang secara sporadis samudra atlantik.  

0 Response to "5 Fakta Menarik Perang Dunia Pertama 1 I"

Post a Comment