5 Fakta Tentang Jawa Pos | Info Bisnis Online
Latest Updates

5 Fakta Tentang Jawa Pos

Sahabat panduan menarik pasti mengetahui Koran Jawa Pos. Ya, Koran yang mengakar di wilayah Jawa Timur ini memang sangat luar biasa memimpin pasar Koran. Juga dengan pedenya, ia tetap ekspansi besar-besaran di dunia media cetak saat dunia online mulai menggerus. Oleh sebab itu berikut 5 fakta yang harus diketahui tentang Jawa Pos di balik kesuksesannya sekarang.

1. 6000 eksemplar
sonygeraldi.blogspot.com

Pada awalnya Jawa Pos merupakan Koran yang hampir bangkrut, oplahnya hanya sekitar 6000 eksemplar saja di akhir dekade 90an. Untuk ukuran Koran tentu saja hal ini sangatlah sedikit. Padahal sekarang oplahnya mencapai 300an ribu eksemplar. Hal ini memang tidak terlepas dari sosok tangan dingin Dahlan Iskan.

2. Dahlan Iskan
Ini dia sosok yang menggebrak Indonesia dengan kepemimpinannya di Jawa Pos. ia awalnya wartawan di Tempo yang melejit karena reportasenya tentang kapal Tampo Mas. Di tahun 2000 Dahlan Iskan mulai mengambil alih Jawa pos. Bayangkan hanya dalam waktu sekitar 6 tahun, Koran Jawa Pos sudah meroket, terutama dengan oplahnya yang mencapai ratusan ribu. Hal ini tentu saja menjadikan Jawa Pos salah satu pemimpin media di Indonesia.

3. Gaya Bertutur
Jawa Pos tidak bisa disamakan dengan kompas. Hal ini dilakukan karena Jawa Pos menyadari, jika bergaya sama dengan kompas, maka sama saja menjadi ekor sebuah kemapanan. Kompas dikenal melalui gaya bahasanya yang manis, santun, namun tidak menghilangkan kewajiban untuk mengedukasi pembacanya tentang beragam hal. Oleh sebab itu Jawa Pos mengambil gaya lain yang sering Dahlan Iskan sebut dengan “Gaya Bertutur”. Tegas, dan lugas.

4. Raja Koran Daerah
ini dia yang dulunya tidak dilakukan oleh Kompas, merangsek masuk ke daerah-daerah melalui Koran “RADAR”. Meskipun sulit, Jawa Pos tidak pernah peduli, mereka terus seperti sebuah pasukan yang pelan tapi pasti berekspansi. Dan hal ini pula menjadi identitas Jawa Pos yang berani untuk terus mencoba-coba tanpa peduli bagaimana hasil akhirnya. Namun kini berbuah manis, Jawa Kini membawahi lebih dari 150an Koran daerah, maupun nasional.

5. Menantang Kompas
Ini juga salah satu rahasia sukses mereka, mereka menempatkan Kompas sebagai sesuatu yang harus ditantang, dilawan, dan disaingi. Meskipun kemudian Jawa Pos melakukan upaya jenius dengan diferensiasi dalam hal bahasa, gaya, bahkan ekspansi bisnis. Namun upaya mereka dalam menantang Kompas patut diapresiasi sebagai generator motivasi mereka. Bahkan disamping media cetak, TV, jawa pos sudah memiliki Power Plant di Gresik dan Kalimantan.

0 Response to "5 Fakta Tentang Jawa Pos"

Post a Comment