5 Fakta Menarik Kemiskinan di Indonesia | Info Bisnis Online
Latest Updates

5 Fakta Menarik Kemiskinan di Indonesia

Kemiskinan merupakan bukanlah musuh, ia tidak bias dimusnahkan, hanya bisa diminimalisasikan seperti layaknya kejahatan. Namun demikian ada beberapa fakta menarik seputar kemiskinan yang ada di Indonesia. Berikut 5 fakta menarik tentang kemiskinan di Indonesia.


1. 28,55 Juta
Inilah angka jumlah penduduk di Indonesia yang ada di garis kemiskinan pada tahun 2013 per September 2013. Data ini diperoleh dari Badan Pusat Statistik Indonesia. Jika dibandingkan dengan jumlah penduduk singapura, maka orang miskin di Indonesia adalah 5 kali lipatnya. Jumlah ini berarti 11,47% dari keseluruhan penduduk di Indonesia. Dan jumlah ini seringkali bertambah jika ternyata ada kebijakan kenaikan BBM, atau kenaikan bahan pokok makanan semacam beras.

2. 14%
14% merupakan ukuran siapa sebenarnya orang miskin. Maksudnya, orang Indonesia akan digolongkan menjadi orang miskin jika mempunya penghasilan 12% dari upah minimum tenaga kerja di daerah tersebut. Jika UMR di Surabaya 2,2 juta, maka orang miskin apabila memiliki penghasilan perbulan hanya sekitar 308.000, atau sehari ia hanya mendapatkan uang sekitar Rp. 30.000 rupiah. Dan setiap kota akan memiliki ukuran yang berbeda tergantung daerahnya, namun umumnya demikian.

3. Dihisap Pengusaha Rokok
Harta orang miskin kebanyakan memang dihisap oleh pengusaha rokok di Indonesia, ini karena 71% perokok yang ada di Indonesia mayoritas merupakan orang miskin. Ironis bukan. Tentu saja bukan salah sepenuhnya pengusaha rokok, karena merokok juga keinginan orang miskin sendiri. Namun ini tentu saja menjadi ironi bangsa karena si kaya hidup dari memeras kesehatan orang miskin yang kekurangan.

4. Papua Barat
Umumnya orang miskin di Indonesia berada di wilayah timur, maluku dan papua. Dan provinsi paling miskin di Indonesia adalah Papua Barat. Provinsi ini sebenarnya baru berdiri dan memiliki potensi kekayaan alam yang sangat luar biasa dalam bidang pariwisata, tambang minyak dan gas. Namun provinsi yang memiliki penduduk berjumlah 770 Jiwa ini 36,80% adalah orang miskin, artinya hamper setengahnya. Yah... paling masalah klasik, dikorupsi.

5. Pendidikan 
Ini memang faktor terbesar kemiskinan yang ada di Indonesia. Pendidikan berarti akan memberikan kemampuan, akan memberikan potensi dengan bekal keilmuan. Namun di Indonesia meskipun katanya sekolah gratis, tapi faktanya selalu ada embel-embelnya. Dan lagi satu hal yang menjadikan pendidikan di Indonesia buruk, adalah pemerataan yang tidak sempurna. Di pelosok pedalaman pendidikan belum dijangkau sempurna. Jangan heran jika Anda menemukan di pelosok pedalaman orang masih harus naik turun gunung pergi ke sekolah dan tidak ada gurunya.

0 Response to "5 Fakta Menarik Kemiskinan di Indonesia"

Post a Comment