Penyebab Terjadinya Bad Sector Harddisk | Info Bisnis Online
Latest Updates

Penyebab Terjadinya Bad Sector Harddisk

Penyebab Terjadinya Bad Sector Harddisk - Sebagai media penyimpan, Harddisk mempunyai peranan penting dalam hal penyimpanan data. Kinerja Operating System juga berpengaruh jika harddisk yang sobat gunakan mengalami kerusakan. Banyak sekali penyebab munculnya berbagai macam masalah pada Harddisk, antara lain adalah terjadinya Bad Sector.

Bad Sector adalah terjadinya kerusakan pada Sector harddisk yang mengakibatkan performa komputer menjadi tidak stabil. Bahkan terjadinya bad sector pada harddisk juga mengakibatkan Komputer Sering Mengalami Not Responding dan restart secara tiba-tiba. Penyimpanan tidak sempurna juga merupakan masalah lain yang di sebabkan oleh bad sector.

Penyebab Terjadinya Bad Sector Harddisk

Terjadinya masalah Bad Sector pada harddisk di sebabkan oleh banyak sebab. Dan biasanya penyebab tersebut di karenakan kecerobohan dari brainware (user) sendiri. Dan berikut telah Saya rangkum berbagai penyebab yang mengakibatkan munculnya Bad Sector pada harddisk.

  • Mematikan Komputer Tidak Sesuai Prosedur

Biasanya hal tersebut sering terjadi bagi pengguna komputer yang masih awam akan penggunaan komputer tersebut. Mematikan secara paksa/langsung melalui tombol power pada komputer akan mengakibatkan kerusakan pada harddisk.

  • Komputer Mati Secara Tiba-Tiba

Hal ini sering sekali terjadi akibat sumber listrik tidak stabil dan mengakibatkan arus listrik yang di kirimkan pada komputer sering mati. Dan hal tersebut mengakibatkan harddisk yang di gunakan akan mati secara tiba-tiba juga dan kemungkinan besar akan mengakibatkan harddisk mengalami kerusakan.

  • Penggunaan Komputer Yang Terlalu Lama

Penyebab selanjutnya adalah karena penggunaan komputer yang kurang di jadwalkan. Apalagi dalam penggunaan membutuhkan proses yang berat, seperti bermain game, menjalankan software, dan lain-lain

  • Terlalu Banyak Virus

Tidak hanya merusak data komputer, virus juga menyerang operating system melalui harddisk yang di gunakan. Akibatnya adalah harddisk mengalami bad sector. Silahkan baca postingan sebelumnya mengenai Menghindari Komputer Terkena Virus.

  • Usia Harddisk

Usia harddisk juga mengakibatkan harddisk menjadi menurun performannya. Sehingga dalam proses load data menjadi lebih lambat. Dan jika hal ini terlalu sering terjadi, maka harddisk berpeluang besar mengalami kerusakan pada sector.

  • Harddisk Sering Terbentur dan Tergoncang

Harddisk mempunyai komponen-komponen yang rentan sekali oleh goncangan apalagi benturan. Karena sering terbentur, harddisk akan lebih besar mengalami bad sector

Mungkin hanya sampai di sini saja pertemuan kita kali ini mengenai Penyebab Terjadinya Bad Sector Harddisk, semoga postingan di atas dapat membantu sobat agar lebih berhati-hati dan lebih memperhatikan dalam menggunakan komputer sobat.

0 Response to "Penyebab Terjadinya Bad Sector Harddisk"

Post a Comment