5 Fakta Menarik Seputar Haji di Indonesia | Info Bisnis Online
Latest Updates

5 Fakta Menarik Seputar Haji di Indonesia

Haji merupakan ibadah umat Islam yang harus dilaksanakan paling tidak sekali dalam seumur hidup dengan syarat harus mampu. Indonesia dengan penduduk muslim terbesar di dunia memiliki beberapa fakta menarik seputar ibadah Haji yang layak diketahui.

1. Haji Sebagai Gelar
Di negara selain Indonesia, Malaysia, dan beberapa negara melayu, orang yang sudah berhaji memiliki gelar tersendiri. Dan konon itu berlaku hanya untuk negara-negara tertentu. Ternyata semua itu berawal dari kolonial belanda yang memberikan gelar untuk membedakan orang yang sudah berhaji dan belum. Alasannya, orang yang sudah berhaji memiliki perjuangan yang sangat tinggi. H. Agus Salim, H. Ahmad Dahlan, H. Hasyim Asyari sebagai contohnya. Mereka ditandai dengan maksud tertentu.

2. 220.000 Jamaah
Angka di atas merupakan jumlah jamaah haji dari Indonesia yang berangkat setiap musimnya. Faktanya, kuota tersebut merupakan yang paling besar di dunia, dan hal itu diberikan kepada rakyat Indonesia karena antusiasme untuk beribadah haji sangatlah besar. Di samping haji untuk masyarakat Indonesia juga menjadi satu gelar tersendiri.

3. 68 Gram Logam Mulia
Inilah biaya yang harus dikeluarkan oleh orang Indonesia yang berniat untuk berhaji. Bila satu gram logam mulia seharga Rp. 500.000, maka biaya untuk berangkat haji saat ini sekitar 34.000.000. meskipun naik, jika diukur dengan standar emas murni, maka setiap tahun akan tetap senilai 68 Gram emas Logam mulia.

4. 16 Tahun
Inilah waktu tunggu di salah satu daerah di Jogjakarta. Artinya jika Anda mendaftarkan haji sekarang (2014), maka baru bisa berangkat sekitar tahun 2030. Maka jika anda ingin mendaftar, haruslah sejak usia kurang dari empat puluh tahun. Hal ini karena adanya biaya talangan dari bank-bank konvensional, sehingga orang mempunyai hanya 5.000.000 sudah bisa mendaftar.

5. 1.000 perhari
Inilah jamaah umrah perharinya di Indonesia. Dan angka ini terus naik. Orang saat ini sudah terlalu lelah untuk menunggu 10-16 tahun, oleh sebab itu mereka menunaikan umrah terlebih dahulu. Sehingga jamaah umrah dari indonesia membludak. Dan orang Indonesia memiliki hobi untuk berumroh, selain untuk beribadah, sekaligus untuk berwisata. Lihat bagaimana menjamurnya biro perjalanan tour Umrah dengan beragam paketannya.

0 Response to "5 Fakta Menarik Seputar Haji di Indonesia"

Post a Comment