5 Fakta Menyedihkan Guru Honorer | Info Bisnis Online
Latest Updates

5 Fakta Menyedihkan Guru Honorer

Di Indonesia guru merupakan salah satu pekerjaan yang tidak hanya mulia, tapi juga sejahteran. Namun demikian, tahukah anda nasib derita yang dialami oleh guru honorer di sekolah-sekolah? Berikut 5 Fakta menyedihkan guru honorer.

1. Gaji 200-300 ribu
Ini yang paling membuat miris yang membaca. Gaji hanya 200-300 ribu setiap bulan. Gaji sebesar ini untuk satu minggu saja kadang harus kembang kempis tak karuan, tapi bagi guru honorer bisa tidak bisa harus cukup. Hal ini terjadi mengingat mereka rela bersusah payah karena akan menikmati lezatnya menjadi guru PNS yang mendapat gaji besar dan kerja tidak berat.

2. Pengganti Guru PNS
Sekarang ada semacam kewajiban bagi guru untuk bisa mengajar selama 24 jam pelajaran. Dan guru honorer nasibnya seringkali hanya menggantikan guru PNS yang tidak masuk, selain mengajar di jam-jam yang sudah ditentukan. Pekerjaan-pekerjaan semacam mengawasi, piket, kebersihan, menata murid, melatih pramuka, atau bahkan jaga gerbang menjadi tugas guru honorer, maklum guru PNS tinggal nyuruh doank.

3. Mengabdi Bertahun-tahun
Ini yang lebih ironis, guru honorer harus mengabdi sampai bertahun-tahun, bahkan kadang ada yang sampai dua puluh tahun. Tapi ini sangat ironi mengingat pengabdiannya yang selama itu harus diganti dengan uang sebanyak 200-300 ribu setiab bulan. Oleh sebab itu biasanya yang menjadi guru honorer sudah memiliki sambilan semacam menjadi tani.

4. Siap-siap Dipecat
Guru honorer selalu berada di bawah bayang-bayang pemecatan kepala sekolah. Untuk menjadi guru honorer kadang harus ‘nitip’ ke kepala sekolah, dan saat sudah menjadi guru honorer, jika ada “titipan’ yang lebih besar, pastinya guru tersebut harus siap angkat kaki. Bahkan ijin tidak masuk pun tidak semudah guru PNS yang bisa nyelonong belanja ke pasar.

5. Sulit Diangkat
Boleh dikatakan bahwa kualitas guru honorer kadang memang tidak standar, oleh sebab itu ketika ada ujian PNS untuk guru, mereka tidak lulus, selanjutnya yang lulus akan masuk di sekolah tersebut, dan guru honorer hanya bisa menelan ludah untuk terus mengabdi menjadi pesuruh guru PNS, digaji kecil, dan siap-siap dipecat kepala sekolah.

sumber foto: internet, kaskus

0 Response to "5 Fakta Menyedihkan Guru Honorer"

Post a Comment